Ini Dia Tips Cara Memilih Motor Bekas yang Perlu Kamu Tahu

3
1148
Tips Cara Memilih Motor Bekas

Memilih kendaraan memang susah- susah gampang. Sudah wajar juga jika membingungkan alias membuat bimbang. Apalagi jika dihadapkan dengan keharusan untuk membeli kendaraan bekas, pastinya tambah bingung, kan? Ini Dia Tips Cara Memilih Motor Bekas yang Perlu Kamu Tahu agar kamu jelas mendapat nilai barang sesuai dengan harganya

Yup, memilih kendaraan, khususnya motor bekas, memang banyak pertimbangannya. Selain mempertimbangkan harga yang sesuai, kita juga harus melihat keadaan atau kondisi motor bekas tersebut. Melihat apakah kondisinya masih layak pakai dan harga yang ditawarkan apakah sesuai dengan kondisi barangnya. Kemudian, kamu juga harus bisa mempertimbangkan service motor yang mungkin harus dilakukan. Walaupun mendapatkan tawaran harga miring, kamu harus bisa menentukan sendiri apakah motor tersebut masih layak dan biaya lain yang mungkin harus dikeluarkan kedepannya. Jika anda masih mau mempertimbangkan untuk membeli motor baru atau bekas, bisa dilihat mau beli motor baru atau bekas.

Oleh karena itu, kamu harus tahu beberapa cara memilih motor bekas. Ini sangat penting agar kamu tidak mudah tertipu oleh deskripsi dari si pedagang motor! Jadi, simak beberapa caranya di bawah ini, ya!

 Tips Cara Memilih Motor Bekas yang Perlu Kamu Tahu

  1. Cari tahu harga pasaran

Ada baiknya sebelum masuk ke pasar motor bekas, cari tahu harga yang ada di pasaran. Ini sebenarnya wajib dilakukan agar kamu tahu harga motor yang kamu incar di pasar motor bekas. Kamu juga bisa buat riset kecil- kecilan. Semua info bisa kamu dapatkan lewat media cetak, seperti koran, majalah, tabloid, atau media elektronik dan internet.

Jika kamu punya budget terbatas, ada baiknya bikin riset kecil- kecilan tentang motor keluaran tahun sebelumnya. Siapa tahu kamu bisa dapat info tentang harga yang lebih murah.

  1. Tentukan motor incaran

Mungkin kamu sudah punya incaran motor yang akan dibeli, nah kamu bisa melakukan riset setelah punya target motor apa yang akan dibeli. Tapi jika kamu belum tahu sama sekali akan membeli motor bekas jenis apa, maka riset bisa dilakukan sebelumnya, bisa juga kamu baca motor apa yang nilai jualnya tinggi.

Nah, untuk menentukan motor bekas yang akan dibeli, biasanya memang tergantung prioritas dari kamu sendiri. Apakah lebih memprioritaskan budget? Atau lebih ke jenis motor yang sesuai selera?

Yup, budget atau anggaran itu sangat perlu dipertimbangkan. Selain mempertimbangkan biaya beli, kamu juga harus memikirkan service yang diperlukan untuk memperbaiki kerusakan motor yang mungkin ada. Ketiga, masih ada biaya perawatan untuk motor. Jadi, pintar- pintarlah memilih motor yang pas.

  1. Pilih penjual yang dipercaya

Cara memilih motor bekas yang selanjutnya adalah cari penjual yang sudah terkenal atau bisa dipercaya alias trusted. Kamu bisa cari penjual yang trusted berdasarkan rekomendasi teman, rekan yang pernah membeli motor bekas atau dari laman online yang sudah terkenal. Ini cukup penting karena selain bisa menghindarkan kamu dari penipuan barang, juga menghindarkan kamu dari penipuan harga.

  1. Cek kondisi motor

Jikan kamu sudah menemukan motor idaman yang kamu cari dan penjual yang trusted, langkah selanjutnya adalah melihat kondisi motor. Nah, kondisi motor itu penting banget. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, kamu juga harus sudah bisa memulai perkiraan seberapa besar anggaran yang dibutuhkan untuk perawatan motor bekas yang kamu pilih.

  1. Cek kelengkapan berkas atau surat

Jangan lupa untuk memastikan surat- surat, seperti STNK dan BPKB dari motor bekas yang kamu pilih. Jangan lupa untuk memeriksa nomor- nomor yang ada agar sama persis dengan motor yang kamu beli. Jika kamu masih kurang yakin, bisa juga menghubungi lewat SMS center ke kantor kepolisian terdekat untuk memastikan kebenarannya. jangan lupa, untuk mencari tahu  apa saja yang harus kita ketahui saat membeli motor bekas.

3 komentar

Comments are closed.