Apa Yang Perlu Diperiksa Saat Membeli Motor Bekas

1
2556
Tips Cara Memilih Motor Bekas

Apa Yang Perlu Diperiksa Saat Beli Motor Bekas

Kendaraan roda dua sangatlah disukai oleh masyarakat. Ada berbagai alasan mengapa kendaraan roda dua atau motor ini banyak diminati diantaranya, karena harganya yang lebih terjangkau dari kendaraan roda empat, serta bentuknya yang ramping dan lebih mudah dalam  menghindari kemacetan,  untuk gaya hidup dan lain lain. Namun tidak hanya motor keluaran baru, motor bekas juga cukup diminati konsumen karena harganya yang lebih rendah atau karena kebutuhan yang sudah mendesak. Apa yang perlu diperiksa saat beli motor bekas harus diperhatikan dan lebih detailnya lihat tips cara membeli motor bekas.

Dalam membeli motor bekas harus memastikan bahwa kondisi  motor harus sesuai dengan harganya.

Apa yang perlu diperiksa saat beli motor bekas?.

  1. Cek Harga Pasaran

Cari tahulah harga motor bekas yang anda inginkan melalui majalah, koran, internet dan juga  survei  ke bermacam-macam lokasi jual beli jika Anda ingin membeli motor bekas, hal ini bertujuan agar anda terhindar dari pemasangan harga yang terlalu tinggi. Lihat juga motor bekas merek apa yang nilai jualnya tinggi.

  1. Cek Nomor Rangka & Mesin

Periksa dengan detail kesamaan antara nomor rangka dan mesin motor dengan STNK dan BPKB. Pernah ditemukan kejadian yaitu mesin motor tidak asli karena penjual yang tak jujur. Sebaiknya belilah motor bekas di penjual motor terpercaya sehingga Anda dapat meminta bantuan memeriksa keaslian dari komponen motor bekas yang anda inginkan.

  1. Periksa Kondisi Fisik

Pastikan bagian-bagian fisik dengan detail, cek pula bagian yang tidak sempurna atau pernah rusak pada motor bekas yang  Anda minati agar terhindar dari  pemasangan harga yang  tinggi oleh penjual.

  1. Periksa Kondisi Mesin & Oli

Suara mesin yang berisik bisa dibuat lebih halus menggunakan oli yang memiliki jumlah yang berlebih, oleh sebab itu pastikan oli pada motor yang akan Anda beli ini tidak berlebihan untuk mengecek kondisi mesin sesungguhnya.

  1. Periksa Speedometer

Periksalah speedometer, apakah masih asli apakah pernah dibongkar atau diganti. Jika di speedometer tertera jumlah jarak yang telah ditempuh oleh motor tersebut serta jumlahnya melebihi dari 20.000 km, banyak diperkirakan bahwa akan ada komponen yang harus  diperbaiki dengan  dana yang cukup besar.

  1. Test Mesin Motor

Pastikan pula bunyi mesin motor dan cek pula  bahwa ada asap yang keluar dari knalpot. Jika ada indikator RPM di bagian dashboard, pastikan indikatornya  masih menunjukan angka di bawah 1500 RPM.

  1. Perhatikan Kondisi Roda/Ban

Cek pula kondisi roda. Pastikan harga yang ditawarkan oleh penjual sesuai dengan kondisi komponen di motor yang anda ingin beli, karena roda juga merupakan komponen yang cukup mahal.

  1. Periksa Kelistrikan & Aki

Perhatikanlah kondisi kelistrikan dan lampu-lampu, yaitu seperti lampu sein, lampu rem belakang, lampu depan, klakson, dan juga speedometer masih berfungsi dengan baik, karena beberapa komponen itu dapat menunjukkan kondisi aki motor jika masih baik atau tidak.

  1. Periksa Rangka

Ceklah rangka motor tersebut masih lurus atau pernah dipress ulang. Apabila ada bagian yang bengkok di rangka motor, kemungkinan motor tersebut pun pernah terjatuh sebelumnya dan sangatlah penting dalam keamanan Anda saat berkendara.

Jika anda memiliki uang yang cukup dan mau jangan lupa untuk mempertimbangkan antara motor bekas dan motor baru.

Demikianlah beberapa tips Apa yang perlu diperiksa saat beli motor bekas.Semoga tips-tips di atas dapat membantu anda untuk memilih motor bekas yang masih mempunyai performa yang tinggi dan sesuai dengan harganya. Selain itu Anda anda harus dapat bernegosiasi dengan  penjual untuk menurunkan harga apabila keadaan motor memang sudah tidak sempurna walaupun masih aman dikendarai.Semoga artikel ini bermanfaat

Mau cari iklan berkualitas kunjungi  mall13 [DAFTAR] [PASANG IKLAN] [CARI IKLAN]

1 komen