Upgrade RAM Atau Harddisk?

0
7545
Upgrade RAM Atau Harddisk SSD mall13

Di Antara Dua Ini Mana Yang Lebih Baik, Upgrade RAM Atau Harddisk?

Jika kita yang setiap harinya bekerja menggunakan perangkat elektronik seperti komputer atau laptop pastinya bakal bete kalo kinerjanya mulai lambat, dan nga ngerti apa kita harus upgrade RAM Atau Harddisk jika kedua perangkat ini berubah jadi super ngeselin, yaitu lemot.

Permasalahan satu ini biasa terjadi ke perangkat kita, bisa ke smartphone juga, kalo usianya udah uzur atau memori di dalamnya emang udah maksimal. Usaha yang bisa dilakuin biasanya adalah ngerapiin data di dalamnya.

Tapi kalo udah dirapiin masih aja penuh, itu artinya kamu perlu ngupgrade spare part dari barang elektronikmu itu. Nah, di saat kita berpikir untuk mengganti komponen bagian dalam dari barang eletronik itu, pasti bakal ada pertanyaan, yang mana dulu yang harus diganti, untuk dapet performa yang lebih baik dan lebih cepat, tapi nggak makan biaya banyak? Ya, penggantian komponen buat laptop dan komputer kan, nggak murah juga guys, semuanya mahal.

Upgrade RAM Atau Harddisk? Ini Plus Minusnya

Hal pertama yang terpikir bakal kita ganti kalo nggak RAM ya harddisknya. Tapi sebelum memilih untuk mengganti kedua benda itu, ada baiknya kalo kamu ngerti dulu apa yang butuh kamu ganti.

  1. Tambah RAM

RAM merupakan komponen yang mampu memberikan kapasitas penyimpanan lebih, dan sekalinya diganti dengan yang lebih besar, maka kecepatan komputer dan laptopmu juga meningkat secara signifikan. Di satu sisi, mengganti RAM juga opsi yang baik, terlebih buat para gamers dan yang suka menggunakan komputer dan laptop untuk pengoperasian yang berat, seperti video atau game.

  1. Harddisk

Mengganti harddisk kayaknya bisa jadi jalan penerang. Eits, tunggu dulu, sebelum berniat buat ganti harddiskmu, sebaiknya kamu mengenali dulu masalah lemot yang menimpa barang elektronikmu itu. Karena penggantian harddisk merupakan langkah yang belakangan, selain hasilnya belum tentu signifikan, kalo nggak cocok juga menimbulkan masalah baru.

Jadi, Mana Yang Lebih Baik, Upgrade RAM Atau Harddisk?

Pengupgrade-an, bisa dilakukan kalo udah nggak ada cara lain buat meningkatkan performa dari perangkat elektronikmu. Dibantu dengan berbagai software pembersih dan sebagainya ternyata masih ngadat dan lemot, berati kamu harus mulai mempertimbangkan penggantian bagian dalamnya. Nah, hal ini harus kamu pikirin matang-matang. Penggantian nggak bisa dilakukan sembarangan, ada hal-hal yang harus kamu pertimbangkan sebelumnya, seperti

  1. Penggunaan perangkat sehari-hari

Perangkatmu dipakai buat apa, sih? Ngegame, sekedar browsing, temen ngopi, apa jadi superhero dalam hidup yang hampir semua pekerjaanmu dilakukan dengan perangkat elektronik. Nah, untuk para gamers, jika perangkat mulai lemot, ada baiknya periksa RAM atau kartu grafisnya, bisa jadi butuh upgrade biar performa lebih greng. Selain ngegame, biasanya mengganti RAM dengan yang lebih besar lumayan menanggulangi masalah.

HDD Mall13
Hardisk Mekanik
  1. Jenis perangkatmu

Yang kedua perhatikan jenis perangkatmu juga, apa aja yang bisa dipasang di sana, kalo diganti sebaiknya yang kayak gimana, dan lainnya. Karena kecocokan dibutuhkan di sini guys, dan bakal mubazir kalo ternyata malah nggak bisa dipakai karena nggak kompatibel. Bisa dengan minta saran di forum-forum yang ada di internet, mereka bakalan kasih opsi mana yang harus kamu pilih untuk upgrade.

SSD mall13
Solid state harddisk
  1. Akar masalahnya

Lemot nggak melulu karena kapasitas penyimpanan udah mau penuh, bisa juga dengan adanya masalah pada komponen perangkat kita. Buat gamers, biasanya masalah lemot ada di RAM, tapi buat kamu yang nggak suka ngegame, cukup merapikan file mungkin bisa menyelesaikan masalah.

SSD mall13
Harddisk SSD Solid state

Atau bisa juga, lemot karena ada proses yang terganggu, pokoknya yang penting kamu tau akar permasalahan lemot itu, dan mampu memutuskan mana yang lebih baik diupgrade terlebih dulu.

Yak, itulah sedikit pendapat dari mimin tentang mana yang lebih baik, upgrade RAM atau harddisk dulu, agar masalah lemot pada perangkat kita bisa terselesaikan dengan baik. Dan jangan lupa, mintalah saran atau pendapat dari ahlinya biar lebih maksimal.

Mau cari iklan berkualitas kunjungi  mall13 [DAFTAR] [PASANG IKLAN] [CARI IKLAN]