Tips dan trik agar jangan sampai Tertipu Jual Beli Online

0
1292
penipuan jual beli online

Transaksi Jual Beli Online

Transaksi jual beli lewat online memang terasa sangat menyenangkan. Ada banyak kemudahan yang bisa kita dapatkan jika melakukan transaksi jual beli secara online. Sebagai penjual, ketika menjual barang dagangannya secara online, manfaat dan kemudahan ini sangat terasa. Beberapa di antaranya yaitu kemudahan dalam menjaring viewer. Di jaman modern seperti ini, kita dapat memanfaatkan media sosial untuk menawarkan barang dagangan kita.

jual-beli-online

Keuntungan Transaksi Jual Beli Online

Media sosial memudahkan kita untuk menjaring viewer yang lebih banyak ketimbang mempromosikan secara langsung atau offline. Hal ini berpengaruh pada banyaknya orang yang dapat kita jaring sehingga minat dengan barang yang kita tawarkan. Sedangkan bagi pembeli sendiri, jual beli online juga sangat menguntungkan, lho!

Pertama, pembeli bisa mencari barang yang diinginkannya secara online. Ini berarti kita tidak perlu mencari barang dari satu tempat ke tempat jika tidak menemukannya. Selain itu, kita bisa lebih hemat tenaga dan bahan bakar, bukan? Untuk beberapa toko online, pembayaran juga bisa dilakukan lewat bank atau COD (Cash On Delivery). Pembayaran dengan metode COD lebih dapat memperkecil kemungkinan untuk penipuan dapat terjadi.

 

Tertipu Jual Beli Online

Berbicara soal jual beli online, pasti kita pernah mendengar berita- berita soal tertipu jual beli online. Yup, masalah yang satu ini memang cukup merepotkan.

Bagaimana tidak? Dunia maya dan transaksi online memang sering disalahgunakan untuk melakukan tindak kejahatan. Penipuan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui berbagai tips dan trik agar tidak tertipu jual beli online.

Tips dan Trik Jika Tertipu Jual Beli Online

Beberapa hal yang masuk dalam kategori penipuan misalnya, barang tidak dikirim padahal sudah melakukan pembayaran lewat bank, barang tidak sesuai foto, barang yang dikirim sudah rusak, dan lain sebagainya.

Jangan putus asa atau sedih dulu jika sudah tertipu jual beli online. Pengalaman semacam itu bisa dijadikan pembelajaran agar kedepannya kita bisa jadi pembeli yang smart dan tidak mudah tertipu!

Simak dulu, nih, beberapa tips dan trik untuk menghindari penipuan jual beli secara online!

  1. Jangan emosi

Jika sudah tahu bahwa kita jelas tertipu, jangan langsung emosi. Sikap tenang dan kalem memang yang paling baik. Kenapa? Dengan sikap tenang dan kalem, kita jadi bisa berpikir dengan kepala dingin. Jika kasusnya uang yang sudah ditransfer tidak mau dikembalikan, maka kita perlu mencari cara agar si penjual mau mengembalikan uang kita.

  1. Selalu simpan bukti transaksi

Jika pembayaran dilakukan dengan metode transfer, maka pertama yang harus dilakukan adalah menyimpan bukti transfer atau transaksi dari bank yang bersangkutan. Bukti ini bisa berupa print out buku tabungan, struk transaksi dengan ATM, atau bukti fisik lainnya.

  1. Simpan bukti penipuan

Bukti penipuan bisa berupa sms dengan si seller. Nah, ini adalah salah satu bukti fisik yang paling penting. Adanya bukti ini bertujuan agar kasus dapat dilaporkan ke pihak yang berwajib.

  1. Lapor ke pihak berwajib secepatnya

Jika bukti- bukti telah terkumpul, laporkan kasus tersebut secepatnya. Laporan bisa ditujuakn ke polsek terdekat dengan membawa bukti- bukti tadi. Di polsek, kamu bisa membuat berita acara dengan menceritakan kronologis penipuan jual beli online secara lengkap.

  1. Lapor ke pihak bank yang bersangkutan secepatnya

Berita acara dari pihak berwajib dan bukti transaksi dapat dimanfaatkan sebagai laporan pengaduan penipuan. Beberapa bank sangat concern dengan masalah seperti ini, bahkan membantu untuk memproses masalah sehingga uang yang kamu keluarkan bisa kembali.

Penyelesaian bisa jadi dengan menarik sejumlah uang dalam rekening si seller. Namun, jika rekening dari pihak seller tidak ada saldo alias kosong, maka rekening si seller bisa diblokir. Untuk beberapa kasus bahkan si seller alias penipu bisa dimasukkan dalam daftar blacklist BI. Otomatis si penipu tidak akan bisa membuka rekening di bank manapun.

Bukan hanya jual beli barang saja, sewa mobil murah pun perlu berhati hati.

Demikianlah beberapa tips dan trik jika kamu mengalami penipuan jual beli online. Untuk mencegah hal semacam ini terjadi, hal terpenting adalah mencari penjual yang trusted.

Mau cari iklan berkualitas kunjungi  mall13 [DAFTAR] [PASANG IKLAN] [CARI IKLAN]