Apa Yang Perlu kita ketahui Tentang Komputer

0
2531
komputer indonesia mall13

Apa Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Komputer

Komputer merupakan salah satu alat teknologi yang memiliki beragam fungsi mulai dari sebagai media hiburan, media untuk bekerja atau media lainnya yang membantu pekerjaan manusia, tidak sedikit dari kita yang gaptek sehingga apa yang perlu kita ketahui tentang komputer pun kurang jelas. Komputer yang ditemukan sekitar tahun 1800 oleh Charles Babbage telah mengalami banyak perkembangan dengan menghadirkan berbagai macam model komputer dengan fitur serta spesifikasi yang berbeda. Hal ini juga akan mempengaruhi performa atau kinerja komputer sekaligus cara pengoperasiannya yang terkadang terdapat sedikit perbedaan satu dengan yang lainnya.

Oleh karena itu sebelum membeli atau memiliki sebuah komputer kita perlu memahami terlebih dahulu apa yang perlu diketahui tentang komputer agar ketika kita memiliki komputer atau ada teman yang memiliki masalah pada komputernya sedikit banyak kita bisa membantu. Berikut ini apa- apa yang perlu diketahui tentang komputer

  • Mengetahui Spesifikasi / Perangkat Penyusun Komputer

Pertama yaitu kita perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai spesifikasi dari komputer tersebut, spesifikasi inilah yang mempengaruhi kinerja dan performa komputer nantinya ketika digunakan. Spesifikasi komputer seperti meliputi jenis processor apa yang digunakan, berapa besar RAM yang tersedia, berapa besar Harddisk yang tersedia dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk mengetahuinya anda bisa langsung mencari informasinya di internet dari sumber yang terpercaya atau situs resmi merk komputer tersebut.

  • Cara Mengoperasikan Yang Baik Dan Benar

Setelah mengetahui spesifikasinya hal selanjutnya yang perlu kita ketahui yaitu dari cara penggunaannya, ini karena masih banyak pengguna komputer yang menggunakan komputernya dengan cara yang salah seperti menggunakan dalam waktu berjam-jam tanpa diistirahatkan terlebih dahulu, mematikan komputer tanpa menutup aplikasi yang telah dibuka, meletakkan komputer ditempat yang tidak bagus seperti lembab atau berdebu.

Untuk cara penggunaan komputer yang benar sebelum menyalakan komputer pastikan semua kabel telah terpasang dengan baik kemudian baru nyalakan komputer yang akan digunakan. Setelah menyala dan tampilan desktop telah nampak di layar jangan lupa direfresh terlebih dahulu dan jangan langsung menggunakan komputer yang membuat mesin komputer langsung terbebani pengolahan data yang berat. Tutup software atau fitur yang telah tidak digunakan dan tutup semua aplikasi yang telah terbuka sebelum mematikan komputer.

  • Cara Merawat Komputer

Selanjutnya yaitu cara perawatannya, cara yang pertama yaitu bersihkan bagian-bagian komputer secara berkala dan menyeluruh. Kemudian tempatkan komputer di lingkungan yang bersih dan memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga keadaan panas pada beberapa bagian komputer tidak terlalu berlebihan. Instal  hanya satu aplikasi antivirus serta lakukan scanning secara berkala untuk mencegah virus yang masuk dan merusak sisitem komputer. Dan terakhir gunakan stabilizer untuk menghindari komponen yang rusak ketika listrik tiba-tiba padam.

  • Cara Menangani Troubleshoot

Sebagai salah satu perangkat teknologi yang canggih komputer terkadang masih menimbulkan masalah oleh karena itu kita perlu mengetahui cara untuk mengatasinya. Dalam menangani masalah yang muncul pada komputer kita perlu mengetahui terlebih dahulu sebenarnya apa yang menjadi penyebab komputer tersebut bermasalah. Karena itulah kita perlu mengetahui berbagai cara untuk mengatasi komputer yang bermasalah dengan membaca, melihat video atau berguru pada orang yang lebih paham mengenai komputer.

Nah itulah apa-apa yang perlu diketahui tentang komputer, walaupun di era teknologi yang semakin berkembang seperti sekarang ini komputer semakin ditinggalkan karena telah terdapat laptop, notebook atau perangkat sejenis lainnya yang lebih canggih. Namun apa salahnya untuk menambah pengetahuan supaya jika diperlukan suatu waktu kita sudah tahu dan tak panik dengan masalah yang timbul.

Mau cari iklan berkualitas kunjungi  mall13 [DAFTAR] [PASANG IKLAN] [CARI IKLAN]