Cara Memilih Mobil Bekas

1
1125
cara memilih mobil bekas

Memiliki mobil idaman merupakan impian banyak orang, terlebih di era modern seperti sekarang ini yang membuat mobil sebagai salah satu kebutuhan yang perlu dipenuhi. Namun karena budget yang terkadang tak mencukupi untuk membeli mobil yang baru akhirnya membeli mobil bekas. Dari kabar yang beredar mobil, motor atau kendaraan bekas lainnya kebanyakan dalam keadaan yang tidak sehat walaupun kadang dalam waktu pengecekan tidak memperlihatkan bagaimana cara memilih mobil bekas.

Ini pastinya akan menjadi kerugian tersendiri bagi para pembeli mobil bekas kecuali jika penjual sudah menjelaskan keadaan mobil yang demikian dan harus ada beberapa bagian yang perlu diganti maka hal itu tak akan menimbulkan masalah. Untuk itu bagi anda yang ingin membeli mobil bekas yang masih berkualitas dan supaya tidak tertipu karena keadaan mobil yang perlu di servis, berikut terdapat beberapa tips cara memilih mobil bekas yang baik dan berkualitas

Cara Memilih Mobil Bekas

  • Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli salah satu jenis mobil cari tahu terlebih dahulu mengenai informasi lengkap mengenai mobil tersebut mulai dari spesifikasi, kelebihan hingga kekurangannya kemudian bandingkan dengan mobil-mobil lain yang sesuai dengan budget anda. Anda bisa mencari informasi mengenai mobil tersebut mulai dari dunia internet, majalah otomotif hingga teman, saudara atau orang di sekeliling anda yang memiliki pengetahuan luas mengenai mobil.
  • Tips yang selanjutnya yaitu mencari mobil yang dijual oleh pemiliknya secara langsung tanpa ada perantara lain atau pihak ketiga yang membantu penjualan mobil tersebut seperti makelar atau showroom. Dengan memilih mobil yang dijual oleh pemiliknya secara langsung selain kita akan mendapatkan harga yang lebih murah kita juga bisa mengetahui lebih banyak mengenai informasi mobil tersebut langsung dari pemiliknya yang sudah mengetahui dan memahami dengan baik karakter mobil tersebut.
  • Menggali informasi lebih lengkap mengenai mobil yang dijual dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang anda anggap penting untuk diajukan seperti berapa kali penjual melakukan service setiap tahunnya, pernahkah mobil ini mengalami kecelakaan atau mengapa mobil ini anda jual dan pertanyaan lain yang dapat menggali informasi lebih lengkap mengenai mobil yang akan dijual
  • Cara memilih mobil bekas yang berkualitas selanjutnya yaitu memeriksa bagian eksterior / luar  hingga bagian interior mobil apakah masih bagus atau tidak? apakah masih layak pakai atau tidak? dan apakah perlu adanya perbaikan di beberapa bagian atau tidak? Jika seluruh bagian eksterior atau interior sudah dicek secara detail sekarang saatnya ke bagian yang paling penting dalam memilih sebuah mobil bekas.  untuk bagian luar pemeriksaan cukup simple, pertama lihat dari jauh, pada seluruh sisi, perhatikan garis2 lekuk apa ada yang tidak simetris atau proporsional, misalnya gap pintu dari atas sama sekitar 3-4 mm biasanya jika as pintu haus, gap atau jarak diatas sudah lebih besar dari dibawah, bisa di periksa dengan mengangkat pintu dalam keadaan terbuka pada bagian supir, lalu angkat handle pintu dan buka tutup dengan tetap membuka handle / gagang pintu, jangan ada suara metal atau besi benturan, untuk memeriksa apakah mobil anda pernah di cat, anda bisa membeli alat pendeteksi ketebalan cat dengan murah.
  • Periksa seluruh bagian mesin mobil secara detail dan menyeluruh dan jangan lupa periksa juga kelistrikannya juga apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Jika anda belum memiliki pengetahuan yang cukup baik mengenai mobil anda dapat membawa teman atau seseorang yang mengerti seluk beluk mobil dengan baik

Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil Bekas

  • Jika semuanya telah dicek dan tak ada masalah sama sekali sekarang saatnya untuk melakukan Test Drive supaya anda mengetahui secara langsung bagaimana performa dan kenyamanan saat mengendarai mobil tersebut.
  • Setelah itu tanyakan perlengkapan atau perkakas dari mobil tersebut.
  • Cara memilih mobil bekas yang terakhir yaitu periksa keaslian dan kelengkapan surat dari mobil tersebut mulai dari BPKB, STNK, nomor rangka hingga nomor mesin. Bila perlu tanyakan juga asuransi mobil apakah sudah di asuransikan atau belum jika sudah maka akan menjadi nilai lebih tersendiri bagi anda.
Mau cari iklan berkualitas kunjungi  mall13 [DAFTAR] [PASANG IKLAN] [CARI IKLAN]

1 komen