Apa yang Paling Penting Saat Mencari Kerja?

0
1546
Hubungi-Lembaga-atau-Perusahaan-yang-Pernah-Anda-Kunjungi

Apakah Anda salah satu seorang job seeker? Jika ya, pasti Anda merasakan betapa sulitnya mencari kerja bukan? Sebenarnya apa yang paling penting saat mencari kerja? Satu hal yang paling penting ialah mampu bersaing dengan tingginya jumlah pencari kerja. Sehingga kita dituntut untuk lebih kreatif.

Dari sebagian Anda tentu merasakan bahwa skill-nya kurang menonjol? Atau jika ingin memulai usaha, Anda justru terkendala modal? Jangan khawatir, karena Anda akan tetap bisa memiliki peluang kerja dan berkarier.

Hal hal yang Penting agar Cepat dapat Pekerjaan

  1. Hubungi Lembaga atau Perusahaan yang Pernah Anda Kunjungi

Tentunya Anda memiliki pengalaman magang, praktek, penelitian, kunjungan, atau apapun dari berbagai lembaga atau perusahaan. Coba kontak mereka, siapa tahu ada yang sedang membutuhkan karyawan.

2.Jangan Malu Bertanya

Jangan malu bertanya kepada siapa saja mengenai info lowongan pekerjaan. Kalian semua pasti memiliki teman, jejaring, saudara, dan kolega. Minta mereka menghubungi Anda jika sewaktu-waktu tempat kerja mereka sedang membutuhkan tambahan karyawan. Anda harus tahu sebenarnya apa yang paling penting saat mencari kerja.

Hal yang paling penting ialah jangan pernah malu dengan kondisi Anda yang masih job seeker, karena itu hanya proses. Jika sudah diterima, tentu Anda merasakan keuntungannya.

3. Jangan Sungkan Berkenalan dengan Sesama Pencari Kerja

Jika Anda ingin tahu apa yang paling penting saat mencari kerja, salah satunya ya tidak sungkan membangun kenalan pada sesama pencari kerja. Sesama pencari kerja tentunya akan banyak memberimu informasi lowongan. Merasa senasib sepenanggungan, akan banyak informasi dan motivasi dari para job seeker yang sudah kamu kenal.

4. Rajin Membaca Koran

Koran salah satu media yang paling cepat untuk mendapatkan infomasi pekerjaan. Jika Anda membeli Koran, beri tanda pada bagian yang Anda sukai dan tertarik untuk dilamar pekerjaannya. Sebar lamaran yang sudah Anda pilih, jangan hanya menggantungkan panggilan kerja dari satu atau dua perusahaan saja.

5. Aktif Membaca Informasi di Internet

Search semua website lowongan pekerjaan, buat list daftar lowongan yang akan Anda lamar. Manfaatkan situs pencari kerja yang langsung menghubungkan Anda pada perusahaan. Ikuti berbagai pendaftaran online dari berbagai lembaga di Indonesia. Manfaatkan media sosial untuk menggali banyak informasi mengenai lowongan pekerjaan.

6. Buatlah Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik

Buatlah surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Cari berbagai contohnya di internet. Jangan sampai informasi yang Anda berikan tidak benar. Surat lamaran pekerjaan merupakan halaman pertama yang akan dibaca oleh HRD atau panitia rekrutmen pekerjaan, sehingga harus menarik, jelas, dan benar. Terutama penulisan nomor handphone yang bisa dihubungi. Sehingga sewaktu-waktu Anda dihubungi, tentunya Anda siap.

7. Buatlah Curriculum Vitae yang Menarik

Buatlah CV atau daftar riwayat hidup yang menarik. Berikan informasi sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya. Jangan sampai Anda memberikan data yang salah karena akan berdampak pada kelanjutan proses pekerjaan Anda. Buatlah CV yang menarik perhatian. Berikan table-tabel, atau tambahan warna pada setiap sub-bab tentang diri Anda.

8. Selalu Aktifkan Handphone dan Email

Jika Anda sudah banyak menyebar lamaran pekerjaan. Pastikan handphone Anda selalu aktif, sehingga ketika ada banyak perusahaan yang menghubungi Anda, tidak akan pernah terlewatkan satu kali pun. Pastikan android Anda tersinkronisasi dengan email. Banyak informasi lowongan pekerjaan yang Anda daftar beserta kelanjutan pendaftaran Anda yang dikirim melalui email.

9. Jangan Terlalu Pilih-pilih Pekerjaan

Semua orang tentunya ingin mendapatkan pekerjaan di tempat yang benefit. Tapi sebenarnya tahukah Anda tentang apa yang paling penting saat mencari kerja? Satu hal yang paling penting ialah saat Anda memilih perusahaan yang akan Anda lamar. Jangan hanya melulu idealis untuk mendaftar pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang Anda.

Jika Anda cepat tanggap untuk menerima pekerjaan yang Anda lamar, setidaknya itu dapat membuat Anda memiliki riwayat pengalaman pekerjaan dan menghindarkan diri Anda dari kata “menganggur”.

Dari sekian hal yang harus Anda lakukan saat mencari pekerjaan, yang tidak kalah penting dan utama ialah berdoa. Imbangi semua usaha dengan berdoa. Pasti Anda bisa!

 

Mau cari iklan berkualitas kunjungi  mall13 [DAFTAR] [PASANG IKLAN] [CARI IKLAN]